Cara Pakai Seatbelt Mobil yang Benar

Seatbelt ataupun biasa diucap pula safety belt ialah fitur keselamatan yang sangat berarti di mobil. Pabrikan mobil telah sediakan fitur ini buat melindungi keselamatan pengemudi serta penumpang dikala terjalin musibah. Saat ini ini, seluruh mobil harus dibekali dengan sabuk keselamatan ini.

Pemerintah juga telah mengharuskan tiap pengguna kendaraan buat memakai seatbelt ini. Ketentuan ini tertulis dalam UU No 14 tahun 1992 tentang Kemudian Lintas serta Angkutan Jalur pasal 61 ayat 2 yang melaporkan kewajiban memakai sabuk pengaman untuk pemakai kendaraan roda 4 ataupun lebih.

Bila dulu cuma sofa baris depan yang mempunyai seatbelt, dikala ini fitur tersebut apalagi telah ada buat baris kedua. Pada sebagian jenis mobil pula ada di baris ketiga. Perlengkapan pengaman ini dirancang buat menahan badan pengemudi serta penumpang supaya tidak terlempar ke depan dikala terjalin tabrakan ataupun dikala kalian melaksanakan pengereman tiba- tiba.

Sangat berarti, dengan memakai safety belt, resiko luka yang dirasakan oleh pengemudi ataupun penumpang jadi lebih kecil. Karena bila tidak memakai safety belt, resiko cidera parah lumayan besar, sebab kala terjalin tabrakan baik itu dari depan, samping sampai balik, orang di dalam mobil hendak terpental.

Bila telah semacam itu, jelas bagian yang sangat rawan, ialah kepala dapat membentur ke kaca, dashboard, sampai bagian yang lain lagi. Apalagi sangat parahnya bila tidak memakai seatbelt ini merupakan badan kalian dapat terpental keluar dari mobil kala hadapi musibah hebat.

Walaupun begitu, kalian wajib ketahui serta pula butuh menguasai metode pemakaian seatbelt secara benar. Jangan hingga asal saja memanfaatkannya yang berujung malah bisa melukai diri pengemudi maupun penumpang di dalam mobil.

1. Posisi Duduk Yang Benar

Posisi duduk yang benar dikala mengugnakan seatbelt merupakan kala duduk wajib sejajar dengan punggung serta sandaran sofa, serta jauhi merendahkan posisi sofa lebih dari yang diperlukan.

2. Posisi Ikat Pinggang

Bila sandaran diturunkan secara kelewatan, kala terjalin musibah ikat pinggang dapat melewati pinggang serta menahan perut. Dikala posisi ikat pinggang ini tidak terletak pada posisi yang benar, hingga hendak bisa menimbulkan luka yang lebih sungguh- sungguh. Oleh sebab itu, posisikan ikat pinggang supaya senantiasa di pinggang ya.

3. Posisikan Seatbelt Senantiasa di Bahu, Bukan di Leher

Sangat berarti sabuk pengaman terdapat di bahu penumpang ataupun pengemudi. Jarak antara dada serta kepala ataupun bagian atas minimun 25 centimeter. jadi, jangan meletakkannya di dekat leher ataupun di dasar ketiak. Sebab efek tercekik maupun terlilit dikala musibah hendak besar.

Jangan kurang ingat kala kalian berkendara dengan anak kecil pula butuh memakai safety belt. Saat ini ini produsen otomotif telah sangat hirau tentang keselamatan dengan meningkatkan fitur- fitur keamanan serta keselamatan pada mobilnya, di mana bila seatbelt tidak digunakan hingga terdapat bunyi suara peringatan yang lumayan mengusik.

Tidak hanya itu, seatbelt yang terdapat pada mobil- mobil saat ini ini biasanya telah memakai teknologi pretensioner. Di mana di dalamnya terdapat suatu kantung hawa berdimensi kecil buat menarik sabuk dikala terjalin musibah sehingga lebih nyaman.

Jadi, hendaknya kala kalian berkendara, baik itu berjarak dekat ataupun jauh harus memakai safety belt buat sopir serta pula segala penumpang ya.

Tidak ada komentar untuk "Cara Pakai Seatbelt Mobil yang Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel