Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

Ban ialah salah satu komponen berarti dari mobil, sebab tanpanya mobil tidak hendak dapat berperan sebagaimana mestinya. Buat itu, terdapat baiknya kalian mengenali kode pada ban mobil saat sebelum memutuskan membeli ban baru. Tidak hanya itu, di dalam kode ban itu ada ketentuan keamanan serta pengetahuan dasar ban itu sendiri lho.

Tentu kalian sempat membaca angka serta huruf yang tertulis di ban, di mana angka- angka yang berderet itu merupakan kode yang menerangkan banyak tentang mutu, spesifikasi, sampai penggunaannya yang nyaman.

Kode Penciptaan Ban

Ada kode penciptaan yang dicetak di sisi ban, jumlah digit tiap pabrik memanglah beda, terdapat yang mempunyai jumlah kode 5 digit, namun terdapat pula pabrikan yang memakai 7 digit. Cuma saja, kode 4 digit dari balik merupakan standar international yang menampilkan penciptaan pada Minggu( Week) serta Tahun( Year) ban tersebut dibuat.

Misalnya 4 digit balik semacam 5018, berarti ban terbuat pada minggu ke- 50 di tahun 2018. Kode angka ini berarti dikenal seberapa lama ban yang kalian gunakan ataupun yang hendak kalian beli itu telah dibuat serta tersimpan. Terus menjadi lama ban ditaruh, hendak terus menjadi terdapat mungkin kehancuran akibat penyimpanan yang salah ataupun sebab kompon ban yang kian keras. Kompon yang keras dapat menyebabkan ban tidak mencengkram dengan sempurna.

Kode DOT

Dalam suatu ban, tidak hanya ada kode yang muat dimensi ban, tercetak pula sebagian kode misalnya no DOT. Ini merupakan singkatan dari Department of Transportation di Amerika Serikat. Jadi, benda yang telah terdapat kode DOT berarti telah penuhi standar dari kementerian transportasi Amerika Serikat. Biasanya, ban yang dibuat di Amerika Serikat serta mempunyai logo DOT ini telah mempunyai mutu yang baik. Oleh karenanya tidak heran apabila ban tersebut hingga diekspor ke bermacam negeri, sampai ke Indonesia.

Kode Dimensi Ban

Tidak hanya soal penciptaan, kode dimensi pula butuh dikenal. Misalnya 195/ 50R15 82H. Angka 195 menampilkan lebar telapak ban dengan satuan mm. Terus menjadi besar angkanya, tapaknya kian lebar. Angka 50 merupakan besar ban dalam satuan persen(%) yang diukur dari telapak ban, sebesar 50% dari 195 ialah 97, 5 milimeter. Angka ini bisa membuat siapa saja ketahui tentang ketinggian yang dipunyai oleh sidewall.

Kode Konstruksi

Setelah itu huruf R menampilkan kode konstruksi, Radial. Apabila dibongkar, ban ini mempunyai susunan kain yang senarnya melintang dari sudut kanan ke sekitar ban, serta mempunyai susunan bonus di dekat zona tapaknya.

Kode Diameter Velg serta Batasan Beban Yang Bisa Ditopang Oleh Ban

Kemudian Angka 15 selanjutnya merupakan diameter pelek yang cocok dengan ban dalam dimensi inci. Selanjutnya merupakan angka 82 yang merupkan batasan beban maksimum yang nyaman ditopang dengan ban, dengan load index sebesar 475 kilogram. Terus menjadi besar angkanya, beban maksimumnya meningkat pula. Serta huruf H merupakan batasan kecepatan maksimum ban, 210 kilometer/ jam.

Kode Yang lain Yang Butuh Kalian Ketahui

Tidak hanya kode itu, tahu pula soal Treadwear Indicator. Ialah ciri ataupun karakteristik raga yang terletak pas diantara kedua sisi kembangan ban. Umumnya terdapat garis tebal yang melintang di antara kedua sisi ban. Apabila ketebalan ban telah memegang garis itu, hingga ban wajib ditukar. Bila tidak dicermati, beresiko bila dipakai pada dikala hujan sebab menimbulkan indikasi aquaplanning. Beresiko kan.

Kode indeks beban yang bisa diterima oleh ban dikala digunakan pada mobil merupakan buat satu bagian ban saja. Bila mobil dengan 4 ban serta tidak terdapat permasalahan dalam struktur sasis, hingga beban totalitas hendak ditopang oleh keempat ban tersebut.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel